PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI
SMAN 2 BUSUNGBIU, BULELENG, BALI
Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi (mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan), mengembangkan potensi karier, yang terakomodasi dalam kegiatan Bimbingan Konseling.
Pengembangan diri juga dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan minat, bakat dan kemampuan non akademis (olahraga dan seni).
Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.
a. Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 2 jam tatap muka, yaitu:
1) Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.
Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan sebagai guru pembimbing.
2) Pengembangan diri juga dilaksanakan di luar kelas (ekstrakurikuler), yang diasuh oleh guru pembina. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan SMA Negeri 2 Busungbiu sebagai berikut:
NO | JENIS EKSTRAKURIKULER | NAMA PEMBINA | HARI PELAKSANAAN |
1 | Bola Voly | I Pt. Arya Darmayasa, S.Pd | Selasa Sore |
2 | Futsal | Pt. Agus Eka Sedana Jaya, S.Pd | Kamis Sore |
3 | Atletik | Putu Sujana, S.Pd | Sabtu Pagi |
4 | Catur | I Gede Artawan Adi Jaya, S.Pd | Sabtu Pagi |
5 | Tari | Ni Made Suarni, S.Pd | Sabtu Pagi |
6 | Mejejahitan | Made Sutiari, S.Pd | Sabtu Pagi |
7 | PMR | Drs. I Nyoman Pindah | Sabtu Pagi |
8 | Mading | Ketut Ayu Supendi, S.Pd | Sabtu Pagi |
9 | Kidung | Ketut Neni, S.Pd | Sabtu Pagi |
10 | Seni Lukis | Pt. Sudiadnyana | Sabtu Pagi |
11 | INKAI | Pt. Astita Drs. I Nyoman Pindah | Rabu Sore |
12 | KSPAN | Agus Putu Suartawan, S.Pd | Sabtu Pagi |
13 | Peternakan | Ketut Sukadana, S.Si Kadek Mariasa | Sabtu Pagi |
b. Program Pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan.
RUTIN | SPONTAN | KETELADANAN |
Doa/Sembahyang | Sidak Tata Tertib Siswa | Penghargaan imtaq. |
Upacara Bendera | Membiasakan antri | Berpakaian rapi |
Senam | Memberi salam | Memberikan pujian |
Sembahyang Purnama/Tilem | Membuang sampah pada tempatnya | Tepat waktu |
Kunjungan pustaka | Musyawarah | Hidup sederhana |
Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Penilaian kegiatan pengembangan diri bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian.
data ini sudah kedaluwarsa, mohon di up to date
BalasHapus