SMAN 2 BUSUNGBIU, PUCAKSARI, BUSUNGBIU, BULELENG, BALI: MELAYANI DENGAN HATI DEMI PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA, BERPRESTASI DAN BERTANGGUNG JAWAB

Kamis, 18 Agustus 2011

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SMANDAB


PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI
SMAN 2 BUSUNGBIU, BULELENG, BALI

Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi (mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan), mengembangkan potensi karier, yang terakomodasi dalam kegiatan Bimbingan Konseling.
Pengembangan diri juga dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan minat, bakat dan kemampuan non akademis (olahraga dan seni).
Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.
a.    Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di dalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 2 jam tatap muka, yaitu:
1)    Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.
Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan sebagai guru pembimbing. 
2)   Pengembangan diri juga dilaksanakan di luar kelas (ekstrakurikuler), yang diasuh oleh guru pembina. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan SMA Negeri 2 Busungbiu sebagai berikut:
NO

JENIS EKSTRAKURIKULER
NAMA PEMBINA
HARI
PELAKSANAAN
1
Bola Voly
I Pt. Arya Darmayasa, S.Pd
Selasa Sore
2
Futsal
Pt. Agus Eka Sedana Jaya, S.Pd
Kamis Sore
3
Atletik
Putu Sujana, S.Pd
Sabtu Pagi
4
Catur
I Gede Artawan Adi Jaya, S.Pd
Sabtu Pagi
5
Tari
Ni Made Suarni, S.Pd
Sabtu Pagi
6
Mejejahitan
Made Sutiari, S.Pd
Sabtu Pagi
7
PMR
Drs. I Nyoman Pindah
Sabtu Pagi
8
Mading
Ketut Ayu Supendi, S.Pd
Sabtu Pagi
9
Kidung
Ketut Neni, S.Pd
Sabtu Pagi
10
Seni Lukis
Pt. Sudiadnyana
Sabtu Pagi
11
INKAI
Pt. Astita
Drs. I Nyoman Pindah
Rabu Sore
12
KSPAN
Agus Putu Suartawan, S.Pd
Sabtu Pagi
13
Peternakan
Ketut Sukadana, S.Si
Kadek Mariasa
Sabtu Pagi

b.    Program Pembiasaan  mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik  yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan.
RUTIN
SPONTAN
KETELADANAN
Doa/Sembahyang
Sidak Tata Tertib Siswa
Penghargaan
imtaq.
Upacara Bendera
Membiasakan antri
Berpakaian rapi
Senam
Memberi salam
Memberikan pujian
Sembahyang Purnama/Tilem
Membuang sampah pada tempatnya
Tepat waktu
Kunjungan pustaka
Musyawarah
Hidup sederhana
Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di sekolah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
     Penilaian kegiatan pengembangan diri  bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian. 


1 komentar:

Komentar Anda adalah Kebahagiaan Kami