SMAN 2 BUSUNGBIU, PUCAKSARI, BUSUNGBIU, BULELENG, BALI: MELAYANI DENGAN HATI DEMI PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA, BERPRESTASI DAN BERTANGGUNG JAWAB

Jumat, 16 September 2011

KIS-SMANDAB Sumbangkan 2 Piala


PERJUANGAN BARU DIMULAI

Kehadiran kelompok ilmiah siswa SMAN 2 Busungbiu (KIS-SMANDAB), diyakini merupakan salah satu elemen untuk meningkatkan prestasi dan prestise sekolah. Keyakinan ini ternyata terbukti dengan disumbangkannya 2 piala sekaligus oleh tim KIS-SMANDAB yang berlaga pada ajang LKTI Sains tingkat provinsi di Undiksha Singaraja. Kompetisi ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan motivasi sekaligus menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. LKTI Sains Undiksha SMA/SMK Se-Bali Tahun 2011, dilaksanakan hari Rabu, tanggal 14 September 2011.

Ini adalah perjuangan perdana dari tim KIS-SMANDAB yang baru seumur jagung. Namun, kesungguhan dan keikhlasan diyakini mampu membawa berkah. Karena, melalui KIS akan ditumbuhkembangkan kesadaran untuk menghargai orang lain, mencermati kompetensi orang lain, sehingga mampu melakukan refleksi diri dalam mereduksi kesombongan. Semua itu dilakukan agar tidak terjebak dengan situasi “bagai katak di bawah tempurung”.

Persaingan untuk meraih juara tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Begitu banyak hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan (HTAG) yang harus dihadapi. Namun, dengan rasa percaya diri tim KIS-SMANDAB mampu menjadi finalis pada LKTI Sains Undikhsa 2011. Persaingan untuk meraih juara diakui sangat berat. Para peserta finalis LKTI bahkan berasal dari sekolah yang berkategori rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Persiapan dan pengalaman mereka, serta dukungan sekolah pasti sangat baik. Jam terbang yang lebih banyak tentu tidak dapat dipandang sebelah mata. Nah, dalam konteks inilah partisipasi KIS-SMANDAB hadir dalam kerangka mendapatakan pengalaman dan meningkatkan jam terbang demi peningkatan kompetensi untuk menghadapi lomba-lomba berikutnya.

Adalah Ayu Cinthya A.P. dan Yoga S. Salah satu tim KIS-SMANDAB yang dinyatakan sebagai finalis LKTI Sains Undiksha 2011. Tim ini mengangkat topik tentang potensi urine kambing sebagai pupuk organik cair. Berbagai pertanyaan, kritik, dan saran meluncur deras dari 3 dewan juri. Ketiga dewan juri itu berasal dari jurusan fisika, kimia, dan biologi. Oleh karena itu masukan yang diterima tim relatif kompleks. Semua itu dijadikan sebagai bahan refleksi guna meningkatkan kualitas tulisan di masa mendatang. Walau demikian, kehadiran tim penulis ini pada finalis LKTI adalah terobosan baru dan sekaligus prestasi yang luar biasa. Apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada tim oleh seluruh stakeholders SMAN 2 Busungbiu.

Tim KIS-SMANDAB ke-2 yang masuk finalis adalah karya tulis Dian Fitriani dan Dw. Gd Suarjaya. Karya tulis tim ini mengangkat permasalahan Biogas melalui intervensi penambahan EM4. Begitu banyak masukan yang diberikan oleh dewan juri kepada tim peneliti. Semua masukan itu adalah informasi sangat berharga untuk meningkatkan kualitas karya tulis berikutnya. Dewan juri yang bergelar doktor dan bahkan profesor, tentulah memiliki penilaian tertentu terhadap hasil karya siswa. Oleh karena itu, apapun keputusan dewan juri akan dijadikan sebagai bahan refleksi untuk terus meningkatkan kulitas.

Perjuangan KIS-SMANDAB baru dimulai. Perjuangan masih panjang. Tantangan pun membentang. Jika kita terpaku hanya pada kegiatan internal sekolah, maka wawasan tidak pernah terbuka. Keberanian untuk berkompetisi dan melihat kemampuan sekolah lain adalah keniscayaan untuk mengukur prestasi dan prestise sekolah. Semoga kehadiran KIS-SMANDAB menjadi awal yang mulia untuk memulai kemuliaan. (Pembimbing KIS-SMANDAB: Gede Putra Adnyana).

1 komentar:

  1. woww...good job...maju terus smandab...ukir prestasimu di tingkat nasional bravoooo

    BalasHapus

Komentar Anda adalah Kebahagiaan Kami